Minggu, 29 November 2009

Pekerja bandara East Midlands pulang ke Nigeria untuk dinobatkan sebagai Raja

Christopher Ejiofor, 63, berpose untuk foto resmi kerajaan

Seorang inspektur keselamatan bekerja di Bandar Udara East Midlands telah kembali ke tempat kelahirannya di Nigeria – untuk dinobatkan menjadi raja.

Christopher Ejiofor, 63, dari Littleover dekat Derby, melarikan diri dari daerah Afrika Barat pada tahun 1970 setelah perang sipil yang brutal.

Dia pernah menjadi penasihat militer untuk Jendral Odumegwu Odjukwu – sebagai pihak yang kalah dari perang sipil 1967-1970.

Ia dipenjarakan dan harus melarikan diri dengan istrinya Christine, kini 62, sementara di bawah api dari pasukan musuh, pertama ke Gabon dan kemudian ke Britania.

Tetapi pada hari Sabtu Pak Ejiofor kembali ke negara asal dengan keluarga untuk dinobatkan sebagai Raja terpilih Igwe dan diberi nama ‘Ezekwesili’ – yang berarti layak untuk menjadi raja.

Ayah dari empat orang nak ini telah memindahkan seluruh keluarganya dari detatched semi-rumah di Derby ke rumah Nigeria untuk memerintah 100.000 rakyatnya.

Dia akan dimahkotai dengan pacara tradisional Nigeria disambut oleh ribuan rakyatnya di mana ia akan memegang tongkat delapan kaki dan duduk di singgasana kayu ek yang besar dihiasi dengan malaikat.

Mr Ejiofor (kiri) bulan Juni lalu ketika ia menerima hasil pemilihan dan bertemu dengan raja

Mr Ejiofor mengatakan akan ada upacara tradisional penobatan Nigeria.

Ia berkata: Penobatan raja di Nigeria tidak seperti penobatan Inggris – itu adalah lebih seperti pesta besar.

Aku akan menerima mahkota dan tongkat dan kemudian aku akan secara resmi dinyatakan Raja oleh Uskup Enugu.akan ada perayaan dengan musik dan menari sepanjang malam.

Saya telah mengunjungi Nigeria untuk melihat apakah saya bisa membuat perbedaan di sana tetapi sekarang memiliki kesempatan untuk membuat perubahan yang nyata.

Provinsi memiliki sumber daya alam yang besar dan merupakan tempat yang indah untuk hidup, itu hanya membutuhkan struktur untuk mengeksploitasi sumber daya tersebut.

Selama bertahun-tahun, orang telah melarikan diri ke Eropa untuk mencari kesempatan yang lebih baik dalam hidup – Saya ingin memberi mereka kesempatan di tanah air mereka.

Mr Ejiofor mengatakan dia sangat senang diberi kesempatan untuk membuat perbedaan di negara tempat ia dibesarkan.

Ia berkata: It’s amazing, aku sangat terkejut – takdir adalah sesuatu yang kita tidak pernah bisa mengerti.

Raja daerah manapun adalah posisi yang sangat dihormati di seluruh negeri dan akan memungkinkan saya untuk membuat perubahan dalam bagaimana daerah dibentuk.

Karena Raja aku akan harus memilih seorang kepala kabinet dan akan memiliki pengaruh atas segala sesuatu dari hukum dan ketertiban untuk transportasi.

Ini adalah semacam kehormatan dan diberikan kesempatan untuk membuat perbedaan di tanah air dan membantu orang-orang dari provinsi untuk hidup makmur.

Setelah seperti perang masa lalu, kesempatan untuk kembali ke Nigeria dan benar-benar membuat perbedaan sangat berarti bagi saya.

Dia mengatakan, kekuasaan sebagai bupati akan mencakup kemampuan untuk mengampuni penjahat dan melimpahkan knighthoods pada warga negara yang layak.

Bandar Udara East Midlands, di mana Mr Ejiofor telah mengukir karir yang sukses sebagai inspektur keselamatan

Dan setiap permintaan dia membuat ke gubernur Enugu negara bagian, Igwe adalah sebuah provinsi, kemungkinan akan berhasil – bahkan Gubernur harus memanggilnya “Keagungan Anda”.

Ia berkata:Sebuah surat dari saya kepada Gubernur akan mengalahkan sebagian besar surat-surat lain dalam hal penting, tapi aku tidak bisa terlibat dalam pemilihan atau sesuatu seperti itu.

Aku tidak bisa kembali ke Nigeria selama lima tahun setelah aku meninggalkannya pada tahun 1970 tapi setelah itu aku mulai kembali.

Dalam beberapa tahun terakhir saya sudah terlibat dalam penggalangan dana dengan gereja lokal di Derby untuk lubang bor untuk digali untuk menyediakan air bersih.

Kami mengangkat tentang 23.000 proyek tetapi itu tidak pernah selesai karena tangki air itu tidak pernah dibeli.

Sekarang aku telah menjadi raja, negara telah memberi kita anggaran untuk menyelesaikan proyek.

Dia mengatakan, tiga putra, Chidi, 36, Emeka, 33, OSI, 29, dan seorang putri Ogo, 26, akan untuk mempersiapkan perubahan-perubahan besar dalam hidup mereka.

Ia berkata: Mereka berpikir ya ampun apa yang akan saya lakukan sekarang – mereka adalah pangeran dan putri sekarang.

Tapi itu akan membuka banyak kesempatan bagi mereka.

Mr Ejiofor perjalanan ke Nigeria pada bulan Juni tahun lalu untuk menjalani pemeriksaan untuk melihat apakah ia adalah kandidat yang cocok untuk menjadi raja.

Mahkota-Nya, yang diberikan kepadanya oleh Uskup Enugu, akan menanggung salib Kristen.

Mr Ejiofor berkata:Ini akan menjadi luar biasa dan kebanggaan saat bagi saya.

Mr Ejiofor menyelesaikan gelar sarjana teknik di Universitas Bristol sebelum mengambil pekerjaan di Bandar Udara East Midlands.

Dia akhirnya menjadi inspektur keamanan bandara dan pindah ke Derby.

negara bagian Enugu adalah daerah pedesaan di Nigeria dengan sebagian besar penduduknya bekerja di pertanian.

Sumber: http://tidakmenarik.wordpress.com/2009/11/30/pekerja-bandara-tinggal-di-derby-pulang-ke-nigeria-untuk-dinobatkan-sebagai-raja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar